Minggu, 22 September 2013

RPP SKI Perkembangan Islam pada Masa Dinasti Abbasiyah

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan      : Madrasah Tsanawiyah Negeri Wonokromo Bantul
Mata Pelajaran            : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas                           : VIII
Semester                      : Gasal
Pertemuan ke              : 3
Alokasi Waktu            : 1 X pertemuan / 2 X 40 menit
I.              Standar Kompetensi
Memahami perkembangan Islam pada masa Dinasti Abbasiyah

II.           Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah

III.        Indikator  Pencapaian Kompetensi
1.        Mendeskripsikan kondisi sosial pada masa Dinasti Abbasiyah
2.        Menyebutkan tiga kelas masyarakat pada masa Dinasti Abbasiyah
3.        Menyebutkan golongan muslim non-Arab yang memiliki peranan penting dalam pemerintahan Dinasti Abbasiyah
4.        Mendeskripsikan kemajuan kebudayaan pada masa Dinasti Abbasiyah
5.        Menyebutkan wilayah-wilayah yang terpengaruh perkembangan kebudayaan Dinasti Abbasiyah

IV.        Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi pelajaran tentang perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah siswa dapat:
1.        Mendeskripsikan kondisi sosial pada masa Dinasti Abbasiyah
2.        Menyebutkan tiga kelas masyarakat pada masa Dinasti Abbasiyah
3.        Menyebutkan golongan muslim non-Arab yang memiliki peranan penting dalam pemerintahan Dinasti Abbasiyah
4.        Mendeskripsikan kemajuan kebudayaan pada masa Dinasti Abbasiyah
5.        Menyebutkan wilayah-wilayah yang terpengaruh perkembangan kebudayaan Dinasti Abbasiyah

Nilai karakter yang dikembangkan : rasa ingin tahu, religius, menghargai prestasi, kreatif, kerja sama

V.           Materi Ajar / Materi Pembelajaran
Perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah
Cakupannya:
1.        Kondisi Sosial
2.        Kemajuan Kebudayaan

VI.        Metode/ Strategi Pembelajaran
a.         Metode                   : ceramah, tanya jawab, penugasan
b.        Strategi                   : Mind Map

VII.     Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.       Siswa menjawab salam dari guru untuk mengawali proses pembelajaran.
b.      Siswa bersama guru membaca do’a sebelum memulai pembelajaran.
c.       Guru menanyakan materi pelajaran yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
d.      Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
e.       Guru memberikan apersepsi tentang materi pelajaran yang akan dipelajari.

2. Kegiatan Inti (60 menit)
Eksplorasi
a.       Siswa diminta membentuk 5 kelompok.
b.      Guru membagikan satu lembar kertas manila dan spidol pada masing-masing kelompok untuk membuat mind map tentang materi yang akan dipelajari
c.       Siswa menyimak penjelasan guru tentang Perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah
Elaborasi
a.       Setiap kelompok membuat mind map tentang materi yang dipelajari sesuai dengan kreatifitasnya dengan bimbingan guru
b.      Setiap kelompok diminta untuk maju ke depan mempresentasikan mind map yang telah selesai dibuat
c.       Kelompok  lain diberi kesempatan untuk bertanya pada kelompok yang mempresentaskan hasil mind map-nya

Konfirmasi
a.       Guru memberi apresiasi kepada semua kelompok yang telah mempresentasikan hasil pekerjaannya.
b.      Guru memberi konfirmasi semua yang telah dipresentasikan.

3. Kegiatan Penutup (10 menit)
a.       Siswa mengerjakan soal dari guru pada selembar kertas
b.      Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya
c.       Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
d.      Guru bersama siswa mengakhiri pembelajaran dengan membaca do’a.

VIII.  Penilaian
a.       Teknik Penilaian      : Tes Tulis
b.      Bentuk Instrumen    :
1.    Sebutkan beberapa kelas penduduk negara Islam pada masa Dinasti Abbasiyah!
2.    Sebutkan tiga golongan muslim non-Arab yang memegang peranan penting pada masa pemerintahan Dinasti Abbasiyah!
3.    Sampai ke wilayah mana saja pengaruh Islam pada masa Dinasti Abbasiyah?
4.    Apa bukti kemajuan kebudayaan pada masa Dinasti Abbasiyah?
5.    Sebutkan salah satu sastrawan yang terkenal pada masa Dinasti Abbasiyah beserta karyanya!

Kunci jawaban:
1.    Beberapa kelas penduduk negara Islam pada masa Dinasti Abbasiyah:
a.    Kaum muslim Arab
b.    Kaum muslim non-Arab (mawali)
c.    Kaum Zimmi
2.    Tiga golongan muslim non-Arab yang memegang peranan penting pada masa pemerintahan Dinasti Abbasiyah yaitu keluarga Barmak, Dinasti Buwaihiyah, dan Dinasti Seljuk.
3.    Pengaruh Islam pada masa Dinasti Abbasiyah sampai ke wilayah Spanyol, India, Mesir, Suriah, Palestina, Persia, Aljazair, dan Maroko.
4.    Kemajuan kebudayaan pada masa Dinasti Abbasiyah ditunjukkan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan adanya peninggalan-peninggalan bersejarah. Peninggalan itu antara lain berupa istana, masjid, dan bangunan lainnya.
5.    Salah satu sastrawan terkenal pada masa Dinasti Abbasiyah adalah Umar Khayam denga karyanya yang terkenal adalah rubai’at.

IX.        Sumber Belajar dan Media
1.      Sumber Belajar
a.       H. Darsono dan T. Ibrahim, Tonggak Sejarah Kebudayaan Islam 2 untuk Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah, (Solo: Tiga Serangkai, 2009), hlm. 15-19.
b.      Aki Suro, Islam pada Masa Daulah Bani Abbasiyah, dalam http://akitephos.wordpress.com/sejarah-pendidikan-islam/islam-pada-masa-daulah-bani-abbasiyah/, diunduh pada tanggal 2 September 2013 pukul 13.05 WIB.
2.      Media
a.       Papan tulis
b.      Spidol
c.       Kertas manila
d.      Lembar Kerja Siswa




Yogyakarta, 3 September 2013
Mengetahui,
Guru Pembimbing                                                            Mahasiswa Praktikan

Zaenani Qodriyatun, S.Ag.                                              Isnaini Nurwisti
NIP. 19770910 200501 2 001                                         NIM. 10410062

















Lampiran
-materi-
KEBUDAYAAN PADA MASA DINASTI ABBASIYAH
  1. Kondisi Sosial
Masyarakat pada masa Dinasti Abbasiyah terbagi dalam beberapa kelas, yaitu:
a.       Kaum muslim Arab
b.      Kaum muslim non-Arab (mawali)
c.       Kaum Zimmi
Beberapa kelas tersebut memiliki persamaan hak sebagai seorang warga negara. Beberapa golongan kaum muslim non-Arab bahkan memiliki kedudukan dan peranan penting dalam pemerintahan Dinasti Abbasiyah. Mereka adalah keluarga Barmak, Dinasti Buwaihiyah, dan Dinasti Seljuk.
  1. Kemajuan Kebudayaan
Perkembangan kebudayaan Islam berjalan seiring dengan penyebaran Islam. Pada masa Dinasti Abbasiyah, wilayah pemerintahan Islam meluas sampai ke Spanyol di barat dan India di timur. Karena kuatnya pengaruh perkembangan Islam di beberapa wilayah baru, kehidupan Islam menginternal di wilayah-wilayah tersebut. Beberapa wilayah tersebut, di antaranya Mesir, Suriah, Palestina, Persia, Aljazair, dan Maroko.
Perkembangan kebudayaan pada masa Dinasti Abbasiyah ditunjukkan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan adanya peninggalan-peninggalan bersejarah. Peninggalan itu antara lain berupa istana, masjid, dan bangunan lainnya.
Pada masa Dinasti Abbasiyah kesusastraannya sangat maju. Di antara ulama yang terkenal adalah Umar Khayam, sajaknya yang terkenal adalah rubai’at. Selain itu ada juga Az-Zamakhsyari, salah satu pakar ilmu bahasa dan kesusastraan Arab.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar