RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah Negeri Wonokromo
Bantul
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas : VIII
Semester : Gasal
Pertemuan ke : 3
Alokasi Waktu : 1 X pertemuan / 2 X 40 menit
I.
Standar
Kompetensi
Memahami perkembangan
Islam pada masa Dinasti Abbasiyah
II.
Kompetensi
Dasar
Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/
peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah
III.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Mendeskripsikan
kondisi sosial pada masa Dinasti Abbasiyah
2.
Menyebutkan tiga
kelas masyarakat pada masa Dinasti Abbasiyah
3.
Menyebutkan
golongan muslim non-Arab yang memiliki peranan penting dalam pemerintahan
Dinasti Abbasiyah
4.
Mendeskripsikan
kemajuan kebudayaan pada masa Dinasti Abbasiyah
5.
Menyebutkan
wilayah-wilayah yang terpengaruh perkembangan kebudayaan Dinasti Abbasiyah
IV.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mempelajari materi pelajaran tentang perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam
pada masa Dinasti Abbasiyah siswa dapat:
1.
Mendeskripsikan
kondisi sosial pada masa Dinasti Abbasiyah
2.
Menyebutkan tiga
kelas masyarakat pada masa Dinasti Abbasiyah
3.
Menyebutkan
golongan muslim non-Arab yang memiliki peranan penting dalam pemerintahan
Dinasti Abbasiyah
4.
Mendeskripsikan
kemajuan kebudayaan pada masa Dinasti Abbasiyah
5.
Menyebutkan
wilayah-wilayah yang terpengaruh perkembangan kebudayaan Dinasti Abbasiyah
Nilai karakter yang dikembangkan : rasa
ingin tahu, religius, menghargai prestasi, kreatif, kerja sama
V.
Materi
Ajar / Materi Pembelajaran
Perkembangan
kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah
Cakupannya:
1.
Kondisi Sosial
2.
Kemajuan
Kebudayaan
VI.
Metode/
Strategi Pembelajaran
a.
Metode : ceramah, tanya jawab,
penugasan
b.
Strategi : Mind Map
VII.
Kegiatan
Pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
a.
Siswa menjawab
salam dari guru untuk mengawali proses pembelajaran.
b.
Siswa bersama
guru membaca do’a sebelum memulai pembelajaran.
c.
Guru menanyakan
materi pelajaran yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
d.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru mengenai tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
e.
Guru memberikan
apersepsi tentang materi pelajaran yang akan dipelajari.
2. Kegiatan
Inti (60 menit)
Eksplorasi
a.
Siswa diminta
membentuk 5 kelompok.
b.
Guru membagikan
satu lembar kertas manila dan spidol pada masing-masing kelompok untuk membuat mind
map tentang materi yang akan dipelajari
c.
Siswa menyimak
penjelasan guru tentang Perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa
Dinasti Abbasiyah
Elaborasi
a.
Setiap kelompok membuat
mind map tentang materi yang dipelajari sesuai dengan kreatifitasnya
dengan bimbingan guru
b.
Setiap kelompok
diminta untuk maju ke depan mempresentasikan mind map yang telah selesai
dibuat
c.
Kelompok lain diberi kesempatan untuk bertanya pada
kelompok yang mempresentaskan hasil mind map-nya
Konfirmasi
a.
Guru memberi
apresiasi kepada semua kelompok yang telah mempresentasikan hasil pekerjaannya.
b.
Guru memberi
konfirmasi semua yang telah dipresentasikan.
3. Kegiatan
Penutup (10 menit)
a.
Siswa mengerjakan
soal dari guru pada selembar kertas
b.
Siswa
mengumpulkan hasil pekerjaannya
c.
Guru bersama
siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
d.
Guru bersama
siswa mengakhiri pembelajaran dengan membaca do’a.
VIII. Penilaian
a.
Teknik Penilaian : Tes Tulis
b.
Bentuk Instrumen :
1.
Sebutkan
beberapa kelas penduduk negara Islam pada masa Dinasti Abbasiyah!
2.
Sebutkan tiga
golongan muslim non-Arab yang memegang peranan penting pada masa pemerintahan
Dinasti Abbasiyah!
3.
Sampai ke
wilayah mana saja pengaruh Islam pada masa Dinasti Abbasiyah?
4.
Apa bukti
kemajuan kebudayaan pada masa Dinasti Abbasiyah?
5.
Sebutkan salah
satu sastrawan yang terkenal pada masa Dinasti Abbasiyah beserta karyanya!
Kunci jawaban:
1. Beberapa
kelas penduduk negara Islam pada masa Dinasti Abbasiyah:
a. Kaum
muslim Arab
b. Kaum
muslim non-Arab (mawali)
c. Kaum
Zimmi
2. Tiga
golongan muslim non-Arab yang memegang peranan penting pada masa pemerintahan
Dinasti Abbasiyah yaitu keluarga Barmak, Dinasti Buwaihiyah, dan Dinasti Seljuk.
3. Pengaruh
Islam pada masa Dinasti Abbasiyah sampai ke wilayah Spanyol, India, Mesir,
Suriah, Palestina, Persia, Aljazair, dan Maroko.
4. Kemajuan
kebudayaan pada masa Dinasti Abbasiyah ditunjukkan dengan kemajuan ilmu
pengetahuan dan adanya peninggalan-peninggalan bersejarah. Peninggalan itu
antara lain berupa istana, masjid, dan bangunan lainnya.
5. Salah
satu sastrawan terkenal pada masa Dinasti Abbasiyah adalah Umar Khayam denga
karyanya yang terkenal adalah rubai’at.
IX.
Sumber
Belajar dan Media
1.
Sumber Belajar
a. H.
Darsono dan T. Ibrahim, Tonggak Sejarah Kebudayaan Islam 2 untuk Kelas VIII
Madrasah Tsanawiyah, (Solo: Tiga Serangkai, 2009), hlm. 15-19.
b. Aki
Suro, Islam pada Masa Daulah Bani Abbasiyah, dalam http://akitephos.wordpress.com/sejarah-pendidikan-islam/islam-pada-masa-daulah-bani-abbasiyah/,
diunduh pada tanggal 2 September 2013 pukul 13.05 WIB.
2.
Media
a.
Papan tulis
b.
Spidol
c.
Kertas manila
d.
Lembar Kerja
Siswa
Yogyakarta,
3 September 2013
Mengetahui,
Guru
Pembimbing Mahasiswa
Praktikan
Zaenani
Qodriyatun, S.Ag. Isnaini
Nurwisti
NIP.
19770910 200501 2 001 NIM.
10410062
Lampiran
-materi-
KEBUDAYAAN
PADA MASA DINASTI ABBASIYAH
- Kondisi
Sosial
Masyarakat pada masa Dinasti Abbasiyah
terbagi dalam beberapa kelas, yaitu:
a. Kaum
muslim Arab
b. Kaum
muslim non-Arab (mawali)
c. Kaum
Zimmi
Beberapa kelas tersebut memiliki
persamaan hak sebagai seorang warga negara. Beberapa golongan kaum muslim
non-Arab bahkan memiliki kedudukan dan peranan penting dalam pemerintahan
Dinasti Abbasiyah. Mereka adalah keluarga Barmak, Dinasti Buwaihiyah, dan
Dinasti Seljuk.
- Kemajuan
Kebudayaan
Perkembangan kebudayaan Islam berjalan
seiring dengan penyebaran Islam. Pada masa Dinasti Abbasiyah, wilayah
pemerintahan Islam meluas sampai ke Spanyol di barat dan India di timur. Karena
kuatnya pengaruh perkembangan Islam di beberapa wilayah baru, kehidupan Islam
menginternal di wilayah-wilayah tersebut. Beberapa wilayah tersebut, di
antaranya Mesir, Suriah, Palestina, Persia, Aljazair, dan Maroko.
Perkembangan kebudayaan pada masa
Dinasti Abbasiyah ditunjukkan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan adanya
peninggalan-peninggalan bersejarah. Peninggalan itu antara lain berupa istana,
masjid, dan bangunan lainnya.
Pada masa Dinasti Abbasiyah
kesusastraannya sangat maju. Di antara ulama yang terkenal adalah Umar Khayam,
sajaknya yang terkenal adalah rubai’at. Selain itu ada juga Az-Zamakhsyari,
salah satu pakar ilmu bahasa dan kesusastraan Arab.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar